Mengenal dan Memanfaatkan bitly – Layanan default pemendek URL.

 

Saya baru mendengar lagi bitly sebulan lalu ketika mengikuti pelatihan di salah satu perguruan tinggi swasta di Bekasi. Ternyata bitly mempermudah kita ketika akan memberikan sebuah link url yang panjang kepada yang membutuhkan. Hal ini sangat membantu saya ketika saya sebagai Manager Journal harus menshare full paper artikel ilmiah kepada penulis. Penulis membutuhkan full paper yang dicetak untuk kelengkapan dokumen pengurusan Jabatan Fungsional Akademik. Walaupun jurnal kami sudah berbasis Open Journal System, tetapi untuk kebutuhan tertentu harus menyiapkan full paper yang akan dicetak juga oleh masing-masing penulis.

Apa itu bitly?

Bitly adalah layanan online yang menyediakan URL pendek untuk postingan kita sehingga kita dapat lebih mudah untuk berbagi file dengan teman, atau siapapun yang kita kehendaki bahkan disimpan di website atau blog. Layanan ini cukup populer di situs microblogging twitter karena merupakan layanan default pemendek URL sejak Mei 2009.


 

 

 


Manfaat menggunakan bit.ly yaitu:

  1. Mudah dan Pendek

    URL web yang panjang bisa disingkat lebih pendek dengan memakai bit.ly. Misal kita akan menshare url dari drive google, seperti kita ketahui link yang muncul akan panjang sekali dan huruf angkanya acak. Seandainya dibuat singkat urlnya dari drive google sendiri masih berbentuk huruf angka yg acak. Sedangkan dengan bit.ly url bisa kita gunakan sesuai dengan dokumen yg kita inginkan yg akan dishare. Banyak yang menggunakan shorten URL service ini dibandingkan dengan Adf.ly karena lebih aman walau tidak bisa menghasilkan dollar seperti Adf.ly.

     

  2. Tracking URL Record

    Bit.ly menyediakan fasilitasTracking URL record dan statistikya.

    Bagaimana cara menampilkan statistik pengguna layanan pemendek URL bit.ly? yaitu dengan cara, menambahkan tanda “+” di akhir URL. Contoh: url http://bit.ly/herlawati akan menjadi htpp://bit.ly/herlawati+.

    Tampilan statistiknya cukup mudah dipahami, lengkap dengan sitereferrer link tersebut., dan perkiraan lokasi pengunjung. Untuk detail waktunya bisa dipilih sampai jangka waktu 30 hari. Selebihnya akan ada summray.

     

  3. Hide Affiliate Link

    Ini alasan atau kebaikan paling terbaik untuk menggunakan bit.ly. Banyak blogger dan internet marketer yang gunakan bit.ly ini untuk mengarahkan ke affiliate linknya.

     

     

    Ok itu aja info utk kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih …

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s