METODE PENUGASAN (ASSIGNED PROBLEM) – ALGORITMA HUNGARIAN

  • Suatu metode kuantitatif untuk mengalokasikan sumberdaya kepada tugas atau pekerjaan atas dasar satu-satu (one-to one basis)
  • Setiap sumberdaya (assignee) ditugasi secara khusus kepada suatu tugas atau kegiatan, misalnya orang ke tugas, tenaga penjualan ke lokasi, tim ke proyek, atau mesin ke pekerjaan.

 

Tujuan Metode Penugasan

  • Mengalokasikan pembagian tugas-karyawan sedemikian rupa sehingga dapat diperoleh biaya total minimum.
  • Metode penugasan sering disebut sebagai jenis khusus dari metode pemrograman linear, bertujuan untuk mengoptimalkan hasil yang akan dicapai, umumnya untuk meminimalkan biaya total atau waktu yang diperlukan untuk mengerjakan beberapa tugas.

 

Prototype Metode Penugasan

  • Suatu perusahaan memiliki n tugas yang harus diselesaikan oleh n karywan pada

    waktu yang relatif bersamaan. Beberapa karyawan memiliki keahlian yang lebih baik dari karyawan lain untuk tugas-tugas tertentu. Karena setiap karyawan hanya akan mendapat satu jenis tugas, maka tidak semua tugas dapat dikerjakan oleh karyawan terbaik.

     

Masalah Minimalisasi

  • Suatu perusahaan mempunyai empat jenis pekerjaan yang berbeda untuk diselesaikan oleh empat orang karyawan. Setiap orang mendapatkan pekerjaan yang berbeda. Biaya yang dikeluarkan untuk setiap jenis tugas oleh masing-masing karyawan ditunjukkan dalam tabel 1.

     

Langkah Dalam Metode Penugasan

1. Buat tabel biaya kesempatan, dengan cara sebagai berikut:

a) Pada setiap baris, pilih sel dengan nilai terkecil, kemudian kurangi sel lain pada baris yang sama dengan nilai terkecil.

b) Pada setiap kolom, pilih sel dengan nilai terkecil, kemudian kurangi sel lain pada kolom yang sama dengan nilai terkecil itu.

2. Tentukan apakah pemecahan optimal sudah dibuat, yaitu dengan menarik garis seminimum mungkin, baik ke arah vertikal maupun horisontal yang meliput semua sel yang bernilai nol. Jika jumlah garis sama dengan jumlah baris/kolom berarti pemechan sudah optimal, teruskan ke butir 5. Jika belum optimal teruskan ke butir 3.

3. Revisi tabel, yaitu dengan mengurangi selsel yang tidak terliput garis dengan nilaiterkecil, kemudian tambahkan nilai sel terkecil itu pada sel yang merupakan perpotongan antar garis.

4. Kembali ke langkah 2

5. Lakukan penugasan dengan melakukan kombinasi orang-pekerjaan pada sel-sel yang

bernilai nol.

 

Diketahui:

Tabel Penugasan sebagai berikut:

Ditanyakan:

Tentukan SOLUSI OPTIMAL dengan metode penugasan (Algoritma Hungarian) untuk kasus tersebut

Penyelesaian:

Langkah 1: Tentukan Baris minimum


 

Langkah 2: Kurangi setiap baris dengan nilai masing-masing pada Baris minimumnya. Kemudian tentukan kolom minimum.


Langkah 3: Cek kolom yang masih belum ada nilai nolnya jika ada maka kurangi dengan nilai kolom minimum tersebut


Langkah 4: Lakukan pengecekan BARIS 1 jika ada 1 nilai nol maka beri tanda kotak (warna) pada nol tersebut, jika baris tersebut ada 2 nilai nol maka abaikan pindah ke baris berikutnya. Tetapi jika hanya ada 1 nol maka kolom tersebut diberi garis vertikal. Lakukan ke baris berikutnya langkah tersebut.

Lakukan pengecekan KOLOM yang tersisa (yg tidak dicoret garis vertikal) apakah masih ada nilai yang nol jika ada berikan tanda kotak (warna) dan baris tersebut berikan tanda garis horizontal. Jika pada kolom tersebut ada 2 nilai nolnya maka abaikan dan pindah ke kolom berikutnya.


Dari tabel tersebut hitunglah ada berapa kotak (warna) terlihat ada 4 angka nol yg diberi tanda kotak (warna). Sedangkan jumlah baris ada 5 baris. Sehingga jumlah nol yg diberi kotak (warna) tidak sama dengan jumlah baris à 4 ≠ 5 maka hal ini dinyatakan BELUM tercapai solusi optimal.

Langkag 5: Karena belum tercapai solusi optimal dilakukan pengecekan nilai terkecil dari sel kolom dan baris yg tdk terkena garis. Diperolehnya nilai angka 1. Kemudian yg terkena perpotongan garis kolom dan baris TAMBAHKAN dengan angka 1 tersebut, sedangkan angka yg tdk terkena garis kolom dan baris KURANGI dengan angka 1 tersebut. Untuk sel baris dan sel kolom yg lain tetap. Jika masih blm optimal lakukan pengecekan baris dan kolom lagi untuk diberikan tanda kotak (warna).

Atau

Diketahui:

Dari tabel tersebut hitunglah ada berapa kotak (warna) terlihat ada 5 angka nol yg diberi tanda kotak (warna). Sedangkan jumlah baris ada 5 baris. Sehingga jumlah nol yg diberi kotak (warna) tidak sama dengan jumlah baris à 5 = 5 maka hal ini dinyatakan tercapai solusi optimal.

Iklan

Diterbitkan oleh

herlawati

Looking for Statistics and Information System? Here’s Statistics and System Information for you!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s